Termodinamika

Termodinamika adalah ilmu yang mempelajari tentang panas, kerja dan perubahannya. Di dalam teknik mesin konversi energi, termodinamika adalah ilmu dasar yang wajib dikuasai. Banyak mesin yang digunakan manusia bekerja berdasarkan prinsip-prinsip termodinamika. Beberapa contohnya seperti motor bakar (motor bensin dan motor diesel), turbin gas, turbin uap, mesin uap, mesin pendingin, dan mesin-mesin dalam proses industri.

Termodinamika membahas tentang energi panas (kalor), kerja mekanik dan interaksi antara keduanya. Keduanya merupakan energi. Energi panas (kalor) berhubungan dengan kenaikan temperatur dan perubahan fase benda, sedangkan energi mekanik biasanya berhubungan dengan kerja. Perubahan energi panas (kalor) dapat dengan mudah diketahui dengan naik-turunnya temperatur atau perubahan fase benda, sedangkan kerja mekanik dapat diketahui bila terjadi perpindahan.

Di dalam termodinamika juga dikenal energi dalam. Energi dalam adalah energi yang terkandung di dalam setiap benda. ketiga bentuk energi ini ( kalor (Q), kerja(W) dan energi dalam (U) ) berinteraksi satu dengan lainnya dalam proses-proses termodinamika. terdapat 5 proses termodinamika ideal yaitu

1. proses tekanan konstan ( isobarik )

2. proses volume konstan ( isokhorik )

3. proses temperatur konstan ( isotermik )

4. proses entropi konstan (isentropik) atau sering juga disebut adiabatis reversibel

5. proses polytropis

ke 5 proses termodinamika ini dapat berhubungan satu dengan lainnya membentuk sebuah siklus kerja. Siklus kerja ini disebut siklus termodinamika. Berdasarkan fluida kerjanya siklus termodinamika dapat dibagi menjadi 2 macam yaitu siklus gas dan siklus uap. beberapa contoh siklus gas : siklus Carnot, siklus otto, siklus diesel, siklus dual, siklus brayton, siklus striling, siklus ericson dan sebagainya. Beberapa contoh siklus uap : siklus Rankine dan siklus pendingin (reverse rankine).

Mesin-mesin yang digunakan oleh manusia untuk membantu kehidupan sehari-hari bekerja berdasarkan siklus-siklus termodinamika. misalnya : motor bensin yang digunakan untuk kendaraan bermotor bekerja berdasarkan siklus otto, motor diesel yang biasa digunakan untuk penggerak kendaraan bekerja berdasarkan siklus diesel, mesin jet pada pesawat terbang adalah sebuah turbin gas yang bekerja berdasarkan siklus brayton, PLTU (pembangkit listrik tenaga uap) bekerja berdasarkan siklus Rankine, pendingin udara (AC) yang kita gunakan sehari-hari untuk menyejukan ruangan bekerja berdasarkan siklus reverse Rankine.

Prinsip termodinamika selain digunakan untuk mesin-mesin penggerak dan mesin pendingin, juga digunakan dalam proses produksi di industri. Misalnya proses pencairan gas, proses pendinginan, proses pemanasan, proses penyulingan dan sebagainya.

Dalam halaman ini penulis akan membahas secara bertahap tentang isi dari ilmu termodinamika dari tingkat dasar hingga termodinamika terapan. Semoga bergunakan bagi siapa saja yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: