Memahami Variabel, Tipe Data dan Konstanta

arduino ku

Variabel

Variabel harus dipahami lebih dahulu sebelum membuat suatu program mikrokontroller, karena di dalam program mikrokontroller, banyak variabel yang bekerja di dalamnya. Variabel yang digunakan harus ditentukan juga tipe datanya.

Variabel adalah nama yang dibuat dan disimpan di dalam memori mikrokontroller. Variabel ini mempunyai nilai dan nilainya dapat diubah sewaktu-waktu pada saat program dijalankan. Misalnya suatu variabel bernama “lampu1”. Variabel ini merupakan suatu nilai yang memiliki tipe data tertentu. Nilai dalam variabel “lampu1” dapat diubah, misalnya variabel “lampu1” mula-mula bernilai 0, kemudian dalam suatu proses, variabel “lampu1” dapat berubah menjadi bernilai 1. Nilai 0 dan 1 adalah tipe data dalam variabel “lampu1”.

Contoh lainnya, misalnya kita mendeklarasikan suatu variabel bernama “cacah”, kemudian ditentukan tipe data adalah byte. Maka program akan membuat suatu variabel “cacah” dan memberikan tipe data “cacah” sebagai bilangan byte dan menyimpannya ke memori. Artinya “ variabel “cacah” hanya dapat menghitung dari 0 hingga 255 ( 8 bit).

Lihat pos aslinya 844 kata lagi

Posted on Januari 21, 2015, in Science & Tech. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: