Sepatah Kata Untuk “Lukas Djapri”

Lukas Djapri, my boy, my hope and my everything………………………

Beberapa hari yang lalu Lukas, anakku satu-satu dan tetap satu-satunya, tanpa diketahui sebab akibatnya menanyakan kepada ku, ” Papa, kenapa aku di panggil (Red: dikasih nama Lukas Djapri), kok jelek sekali tidak seperti teman Lukas, namanya keren-keren dan panjang-panjang semua, sedangkan Lukas pendek sekali”. Hahahahahaha, terus terang pertanyaan ini membuat aku kaget, ternyata anak ini kritis juga. Papa mau jelaskan tapi kamu belum mengerti, makanya Papa tulis di sini, mungkin suatu saat bila Papa sudah tidak ada dan tidak sempat menjelaskan ke kamu, dan kamu penasaran dengan jawabannya kamu bisa temukan di blog ini. Hidup manusia itu singkat seperti angin lalu ( kata seorang samurai, lupa siapa namanya).

Lukas……………… nama mu memang sangat pendek dan singkat. Nama mu Hanya 5 huruf, dan 2 suku kata, L U K A S, tapi tahukah engkau nama itu milik siapa sebelumnya?. Itu nama seorang dokter yang sudah membuat Papa mu yang bandel ini bertobat dan menjadi pengikut Yesus. Dan Djapri …… Wah itu lebih mulia lagi, dan harus kamu turunkan ke keturunan mu karena itu marga kita yang dibuat oleh Kakek Papa, yang kamu panggil A Thai. Beliau seorang Nasionalis sejati yang tidak mau pulang ke Negeri China dan memilih mengabdi buat NKRI hingga akhir hayatnya.  nah berikut Papa akan ceritakan asal mula nama mu.

Djapri

Djapri berasal dari kata Djap dan RI. Djap adalah marga asli Papa dan kamu yang dalam bahasa Hakka artinya Daun. Dalam dialek Hokian ditulis Yap dan dalam bahasa mandarin (RRC) dikenal dengan sebutan Ye yang artinya daun. Asal usulnya bisa Lukas lihat di blog ini. http://margayap.blogspot.com/p/history-marga-yap.html 

Aslinya Ye adalah nama negara bagian yang kemudian menjadi nama marga. Dulu Papa sendiri malu menggunakan kata-kata Djapri dibelakang nama Papa, tapi setelah tahu asal usulnya Papa, sekarang bangga dengan nama Djapri.

Dulu tahun 1965, banyak orang keturunan China di Bangka yang diusir karena pemberontakan G30S/ PKI. Tapi salah satu keluarga Keturunan China yang tidak mau pulang ke China adalah keluarga A Thai kamu. Beliau dengan tegas menolak untuk pulang ke China dan lebih memilih membaur dan mengubah nama dan marganya menjadi nama Indonesia dan membuang semua embel-embel China. Dan ini berlaku untuk semua garis keturunannya. Termasuk Kung-kung kamu, suk kung kamu dan pak kung kamu. Oleh sebab itu marga Djap oleh A Thai mu di ubah menjadi Djapri atau Djap dan RI (Republik Indonesia). Jadi Djapri adalah marga Djap yang ada di Indonesia yang bergaris keturunan dari A Thai kamu.

Lukas

Lukas sendiri adalah nama seorang dokter yang menjadi salah satu penulis Injil dalam kitab perjanjian baru. Dari 4 Penulis Injil Hanya Lukas yang bukan orang yahudi dan bukan murid Yesus, beliau adalah seorang dokter Romawi yang bertugas di Palestina, tidak pernah bertemu atau menjadi murid Yesus, Tapi 2 tulisannya menjadi bagian utama dalam kitab perjanjian baru. Dulu Papa tidak mengerti isi Injil, tapi dari Injil Lukas, Papa mu ini kenal dengan siapa Yesus.

Papa berharap kamu bisa menjadi seperti Lukas (sang Dokter) yang nantinya selain menjadi seorang ilmiahwan juga menjadi seorang rohaniawan. Nah Kalau Lukas mau tahu tentang siapa dokter Lukas, carilah sendiri di Mbah Google. hehehehehehehe, jadi mulai sekarang jangan malu dengan nama mu  yang pendek dan singkat itu karena nama mu itu mempunyai arti yang sangat mendalam, dan bukan nama yang dikarang sembarangan asal bagus dan panjang saja.

Posted on Oktober 23, 2012, in nasehat dari seloki arak and tagged , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Dr. Lukas adalah “penulis” yg diutus Tuhan untuk menuangkan Firman Allah yg hidup ke dalam 2 kitab yaitu: Lukas dan Kisah Para Rasul🙂

    yg uniknya di awal kedua kitab tsb (ayat pertama) ada nam seseorang yg disebut, yaitu: Teofilus.

  2. hehehehe terlalu surgawi penjelasannya. but, thank u Zico, Teofilus, bosnya Lukas.

  3. saya juga punya marga yg sama dgn arti yg sama yaitu daun. salam kenal saudaraku serumpun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: