Tanjung Pesona Beach & Resort di Pulau Bangka

Tanjung Pesona Beach & Resort adalah salah satu pantai indah yang terletak di pinggiran kota sungailiat atau tepatnya di jalan pantai rebo, sungailiat bangka. Pantai ini dulunya merupakan tempat sembayang dan membuang sial bagi penganut agama kong hu cu dan dalam bahasa suku khek disebut pantai Ban Sin Sak. Ban artinya membayar, Sin artinya arwah dan Sak artinya batu. Pantai ini memang terdapat beberapa gugusan batu granit raksasa yang tersusun secara alami. Menurut kepercayaan masyarakat sekitarnya, batu-batu ini dihuni dan dijaga oleh arwah-arwah, sehingga mereka sering membayar nazar atau membuang sial di batu-batu ini. Namun seiring perkembangan jaman, kepercayaan membuang sial ini mulai ditinggalkan, walaupun masih ada beberapa orang yang masih melakukannya.

Terlepas dari percaya atau tidaknya dengan masa lalu pantai tanjung pesona atau ban sin sak ini, ternyata gugusan batu granit raksasa yang tersusun secara alami memberikan kita pemandangan yang indah dan menakjubkan. Penulis sendiri sejak kecil sering berkunjung ke pantai ini, namun keindahannya tidak pernah bosan untuk dinikmati. Deburan ombak yang menghempas batu granit memberikan suatu irama alam yang menenangkan disertai dengan hembusan angin laut yang segar. Panas matahari yang menyengat pun tidak akan kita rasakan lagi jika kita berjalan – jalan di pantai ini. Yang pasti setelah itu kulit akan terbakar dan menghitam hehehehehehešŸ™‚.

Dulu pantai ini lebih alami , tidak ada resort, hotel, restoran atau taman bermain, yang ada hanya hutan, gugusan batu granit raksasa, pasir yang putih dan suara hewan hutan yang kadang-kadang terdengar menyeramkan. Dulu juga tidak ada akses jalan aspal ke pantai ini, yang ada hanya jalan setapak atau jalan tanah semi offroad. Sehingga perjalanan ke pantai ini merupakan suatu petualangan sendiri, namun sekarang kondisinya sudah sangat berbeda. Jalan aspal hotmix terbentang dari pusat kota sungailiat hingga ke tepi pantai, restoran juga sudah tersedia walaupun harganya luar biasa mahal (protes khusus ku untuk Bambang Patih Jaya, hehehehehehe, please beng, normalisasi harga makanan dong, kemarin kantong gw kebobolan makan di restoran lu heheheheh, semoga yang bersangkutan baca). Oya di pantai ini juga sudah ada hotel dan resort, (milik Bambang Patih Jaya Juga hehehehehehe), Harga hotel masih wajar. Cuma satu hal yang masih kurang kendaraan untuk transportasi ke daerah ini masih sangat kurang sekali,bahkan tidak ada angkutan umum. Kita harus menyewa sebuah mobil untuk menuju ke pantai ini. Atau pinjam motor sama saudara, hehehehehe.

Saya sengaja memilih untuk pergi pada hari jum’at, karena pada hari sabtu dan minggu pantai ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Sedangkan pada hari kerja pantai ini sepi dari pengunjung. Seperti pada hari jum’at ini hanya ada saya dan anak saya yang mengunjungi pantai ini. suasananya sangat tenang dan nyaman. Berikut beberapa foto yang dibuat dengahp nokia. (sedikit membantu Mr. Bambang untuk promosi……….šŸ™‚.

Gambar 1 pintu masuk pantai tanjung pesona

Gambar 2 salah satu resort (hotel) di tanjung pesona, terdapat jembatan yang mengarah ke tengah laut, sangat romantis.

Gambar 3 laut tanjung pesona yang indah dan bersih, sangat berbeda dengan laut di pulau jawa. Bahkan menurut saya pribadi lebih indah dibandingkan bali.

Gambar 4 Pantai tikus yang terletak disebelah pantai tanjung pesona. Pantai tikus disebut juga San Lo Chu ( San artinya hutan, Lo Chu artinya tikus). Dulu pantai ini pada waktu malam sangat angker, tapi sekarang sudah jauh berbeda. Bukit yang ada di latar belakang pantai adalah bukit Puak atau ada juga yang menyebutnya bukit rebo. Bukit ini tersusun atas batuan granit raksasa. Dibukit ini juga leluhur pertama ku dimakamkan.

Gambar 5Ā  masih di pantai tikus. Pada masa timah berjaya, pantai tikus ini sering digunakan oleh para semokel untuk menyeludupkan pasir timah ke singapura, melewati jalan-jalan setapak yang ada di bukit puak.

Gambar 6 Lukas di taman bermainĀ  pantai tanjung pesona

Gambar 7 batu granit raksasa

Gambar 8 gugusan batu granit raksasa

Ā 

Gambar 9 pantai tikus

Gambar 10 tempat istirahat yang dibangun di sekitar tumpukan batu-batu granit raksasa. Pemandangan arah pantai sangat indah dan teduh. Tempat ini juga sangat romantis bagi mereka yang sedang pacaran.šŸ™‚

Gambar 11 sisi lain dariĀ  gambar 10

Gambar 12 sisi lain dari gambar 11

Gambar 13 sisi lain dariĀ  gambar 12

Gambar 14 salah satu puncak batu granit raksasa

Gambar 15 foto sisi utara pantai tanjung pesona yang difoto dari atas batu granit besar

Gambar 17 foto laut dari atas batu granit besar

Gambar 18 batu granit besar

Gambar 19 my boy, Lukas

Gambar 20 alur pasir timah, Pasir timah ini yang manjadi sumber utama penghasilan bangka, tetapi juga sumber utama kerusakan alam di bangka

Gambar 21 gugusan batu granit raksasa

Gambar 22 sisi utara hotel

Gambar 23 pantai

Gambar 24 Laut

Gambar 25 gugusan batu granit raksasa

GambarĀ  26 batu granit besar

Gambar 27 pantai dengan batu granit

Gambar 28 hamparan batu granit raksasa

Gambar 29 sama dengan gambar no 28

Gambar 30 pemandangan pantai dari arah restoran

Gambar 31 masih pemandangan pantai dari dalam restoran

Gambar 32 pemandangan pantai dari dalam restoran

Gambar 33 taman bermain di pantai tanjung pesona

Gambar 34 bukit puak

Bonus track………………………..

Pulang dari pantai tanjung pesona saya mengambil arah ke selatan menelusuri jalan pantai rebo, berikut foto-foto tambahan

Gambar 35 pantai rebo, pantai ini terkenal akan hasil ikannya yang berlimpah, namun semenjak penambangan timah oleh rakyat dilegalkan, kerusakan pantai semakin manjadi. Yang membuat miris, adalah sebagaian besar penambang timah apung di pantai ini adalah warga pendatang dari pulau jawa bukan penduduk asli bangka. menyakitkan!!!.

Dulu keluargaku masih memiliki bagan ikan di pantai ini, tapi sekarang, tidak mungkin lagi membuat bagan ikan di pantai ini karena lautnya sudah sangat keruh dan rusak.

Gambar 36 pantai rebo

Gambar 37 vihara di atas bukit

Gambar 38 peta satelit dari google maps untuk pantai tanjung pesona

Gambar 39 peta lokasi tanjung pesona dari kantor bupati

Titik A kantor bupati bangka koordinat : -1.883237, 106.103779

Titik B rumah penulis di kampung tunghin koordinat : -1.887065,106.12367

Titik C pantai tanjung pesona koordinat : -1.88077,106.175437

tip biaya rekreasi ke pantai tanjung pesona:

tiket pesawat dari jakarta ke pangkal pinang PP : Rp. 850.000,- (harga normal tanpa promo).

ongkos taxi dari bandara depati amir ke tanjung pesona PP : Rp 350.000,-

hotel di tanjung pesona : tergantung pilih kamar dan resort tipe apa. Sebaiknya tanya ke Bambang Patih Jaya, hehehehehehehe.

trip murah meriah :

ongkos taxi ke sungailiat : Rp. 150.000

hotel melati di sungailiat : Rp. 300.000 / malam

sewa mobil xenia + sopir Rp. 400.000/hari

jadi hitung sendiri berapa biayanya. Harga makan di bangka tergolong mahal. Pada saat ini sudah banyak rumah makan yang menyediakan makanan halal seperti rumah makan padang, pecel lele atau ayam dan fred chicken. Bagi yang tidak terikat makanan haram atau halal, bangka menyediakan banyak sekali rumah makan chinese food dan makanan khas bangka lainnya.

OK, siapa yang berminat?…….. ……….

(Note: bila anda masuk ke pedalaman bangka, sebaiknya anda menjaga sikap yang sopan santun dan tidak menyinggung perasaan penduduk asli, karena bangka terkenal dengan mistis yang sangat kuat, terlepas dari percaya atau tidak, hehehehehehehehehe, namun penduduk pulau bangka terkenal sangat ramah dan bersahabat)

Posted on Juni 4, 2012, in Wisata and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. ampun. mahal-mahal atuh. saya dari jawa timur perlu banyak bekal ke sana. backapker bisa masuk nggak ya? biar gratis gitušŸ˜€

  2. Mas Wahyu, terima kasih sudah mampir. Bisa saja back packer. Kalo naik kapal biaya perjalanan bisa lebih murah. Dari surabaya naik kereta api ke jakarta (untuk ini sy tidak tahu brp ongkosnya) terus dari tanjung priok naik kapal ferry , tiap hari ada, kapal km Srikandi, atau KM Sahabat. ongkosnya sekitar 280rb.
    atau bawa kendaraan (motor sekalian) ongkos ferrynya 700 rb sama 1 pengendara, jadi bisa bebas jalan2 di bangka, sekalian bawa tenda. wah petualangan yang menyenangkan.

  3. Annisa Fitriyah Salsabila

    Dibangka memang mahal, penduduknya ramah. Tpi yg cina, klo yg bukan cina kurang ramah.. Bgi aku gak mahal” amat tuh, soalnya aku udh terbiasa di sana malahan udh 3thn

  4. Kalau taksi dari tanjung pesona ke riding panjang..terus balik lagi ke tanjung pesona brp ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: