Wall Hugging Robot

Berikut ini sedikit petunjuk untuk merakit sebuah robot yang dapat bergerak mengikuti kontur dinding. Tadinya penulis ingin membuat sendiri bodi dan beberapa bagian robot, namun ternyata setelah mengecek ke toko langganan, ternyata sudah ada yang jual dalam bentuk KIT. Namanya Wall Hugging Mouse buatan TAMIYA Jepang. Setelah bungkusnya dibuka maka tampaklah komponen-komponen robot seperti pada gambar berikut ini.

Gambar 1 satu paket kit robot wall hugging mouse buatan TAMIYA

Gambar 2 tampak sisi dalam paket sudah lengkap tinggal di rakit

Kemudian semua komponen diuraikan dan disusun seperti pada gambar 3 berikut ini. Cukup banyak komponen yang harus di rakit.

Gambar 3 komponen-komponen robot yang harus dirakit

Baiklah, kita mulai proses pembuatanya.

1. Proses perakitan roda robot

Robot ini menggunakan 2 buah roda di sisi kiri dan kanan. Rim roda terbuat dari plastik dan dibalut dengan ban karet.  Pertama-tama kita harus memotong rim roda dari cetaknya dengan menggunakan cutter. Kemudian, karet ban dipasang melingkari rim roda seperti pada gambar 4 dan gambar 5.

Gambar 4 proses pemotongan rim roda

Gambar 5 pemasangan karet roda

Setelah ban terpasang dengan baik pada rim roda, langkah selanjutnya adalah marakit poros, braket dan gear. Susunannya dapat dilihat pada gambar 6. Bentuk roda yang sudah terangkai dengan poros, braket dan gear dapat dilihat pada gambar 7.

Gambar 6 merakit roda ke poros dan gear

Gambar 7, 2 buah roda sudah siap terpasang pada poros dan braketnya

2. Proses perakitan motor listrik DC

Langkah selanjutnya adalah merakit motor listrik DC. Pada proses ini kita memasang gear kecil pada poros motor listrik DC dan kemudian memasang motor listrik DC ke braketnya. Untuk memantapkan dudukan motor, maka kita harus mengikat motor dengan menggunakan baut kecil ke braketnya. Proses perakitan dapat dilihat pada gambar 8 dan 9 berikut ini.

Gambar 8 bahan yang dibutuhkan untuk merakit motor listrik DC kecil

Gambar 9 Motor sudah terpasang di braketnya tinggal dikencangkan dengan baut kecil

3. Proses perakitan tempat baterai

Tempat baterai juga sudah disediakan dalam kit ini, hanya saja masih belum dirangkai. proses perakitannya dapat dilihat pada gambar 10 dan hasilnya dapat dilihat pada gambar 11.

Gambar 10 kotak tempat beterai dan terminal-terminal baterai

Gambar 11 kotak baterai setelah selesai dirakit dan siap dipasang ke bodi robot

4. Merakit semua komponen ke bodi robot.

Bodi robot terbuat dari bahan plastik arkrilik. Pada bodi ini sudah terdapat lubang-lubang tempat kita mengencangkan baut. Jadi kita tidak perlu membuat lubang tambahan lagi. Susunan komponen dapat dilihat seperti pada gambar 12 berikut ini.

Gambar 12 posisi masing-masing komponen di bodi robot

Pada robot ini terdapat 2 buah saklar yaitu saklar on-off dan saklar batas. Posisi kedua saklar dapat dilihat pada gambar 13 berikut ini

Gambar 13 posisi saklar batas dan saklar on-off di bodi robot

Gambar 14 menunjukan semua komponen sudah terpasang dengan kuat pada bodi robot.

Gambar 14 semua komponen sudah dikencangkan dengan menggunakan baut ke bodi robot

5. Proses pengkabelan

Langkah terakhir adalah proses pemasangan kabel untuk menghubungkan baterai, saklar dan motor listrik. Aliran pemasangan kabel dapat dilihat pada gambar berikut ini.

Gambar 15 proses pengkabelan

6. Cara kerja robot.

Pada kondisi tidak ada penghalang, maka hanya motor sebelah kanan saja yang berputar atau istilahnya normaly ON. Akibatnya robot akan bergerak berputar membentuk lingkaran. Jika saklar batas di tekan (dalam hal ini oleh dinding) maka motor kanan akan OFF dan motor kiri akan ON sehingga robot akan berputar sebaliknya hingga tekanan pada saklar batas hilang dan kembali motor kanan yang ON. Proses ini akan berlangsung berulang-ulang sehingga robot melakukan gerak zig-zag mengikuti dinding. Video berikut ini menunjukan cara kerja robot.

Langkah selanjutnya adalah memasang rangkaian elektronika untuk mengubah wall hugging robot menjadi line follower robot seperti posting sebelumnya.

 

Posted on Mei 3, 2012, in Elektronika and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: