Lebih mudah merangkai komponen dari pada merangkai kata

Sesuai judul posting, memang lebih sulit untuk merangkai kata-kata menjadi sebuah kalimat yang indah bila dibandingkan dengan merangkai komponen elektronika menjadi rangkaian sederhana dan berguna. Berikut beberapa rangkaian elektronika yang sedang penulis buat untuk keperluan praktikum elektronika dasar di STKIP SURYA. Silakan bagi yang berminat untuk membuat, memperbaiki atau mencetak sendiri, tapi jangan dicopy-paste untuk membuat blog atau media dunia maya lainnya karena hanya akan memperbesar jumlah data ganda yang beredar di dunia maya (dan malu dong CO-PAS, hehehehehehe).

1. Rangkaian power amplifier dengan IC LA 4440.

Seingat saya sudah ada yang jual dalam bentuk KIT, tapi tentu saja lebih menarik jika kita membuat sendiri papan PCBnya. rangkaian ini dapat digunakan untuk membuat speaker aktif. Silakan untuk memodifikasi dengan menambahkan tone control dan volume control sendiri.

Ampifier ini adalah amplifier mono (tunggal) untuk membuat menjadi stereo tentu saja anda harus membuat 2 buah. Berikut layout PCB untuk rangkaian amplifier ini. Silakan sesuaikan dengan ukuran komponen yang digunakan.

2. Rangkaian saklar cahaya

Rangkaian ini adalah sebuah saklar cahaya. Relay akan OFF bila ada cahaya dan akan ON bila tidak ada cahaya. Rangkaian saklar cahaya ini bisa digunakan untuk membuat lampu taman atau lampu luar rumah otomatis, jadi kita tidak perlu repot-repot mematikan dan menyalakan lampu taman atau lampu luar rumah setiap pagi dan sore hari.

potensiometer1 digunakan untuk mengatur sensitivitas LDR. Berikut layout PCB untuk rangkaian di atas.

3. Rangkaian Radio FM sederhana

Sekarang radio sudah menjadi hal yang umum, hampir semua HP dilengkapi dengan FM radio. Namun tidak ada salahnya jika anda tertarik untuk membuat sendiri rangkaian FM radio sederhana. Rangkaian radio ini tidak dilengkapi dengan power amplifier sehingga untuk mendengarkan suaranya masih harus menggunakan headset. Untuk mengunakan speaker yang lebih besar, Rangkaian bisa dihubungkan ke rangkaian amplifier pada no 1.

Berikut layout PCB untuk rangkaian FM radio di atas

4. Rangkaian kunci kombinasi digital

Rangkaian ini adalah sebuah rangkaian kunci kombinasi digital sederhana. Rangkaian kunci kombinasi digital dapat dipasang pada peralatan elektronika atau pada mekanisme kunci rumah. Untuk memasang pada mekanisme kunci rumah anda dapat memodifikasinya sendiri. Kombinasi angkanya dapat diatur dengan mengubah koneksi pada konektor.

Berikut layout PCB untuk rangkaian kunci kombinasi di atas

5. Rangkaian untuk robot line follower

Membuat robot line follower (dapat mengikuti garis) sangat mudah, tidak perlu menggunakan mikrokontroller. berikut ini rangkaian sederhana untuk robot line-follower.

motor kiri dihubungkan ke roda kiri dan motor kanan dihubungkan ke roda kanan. Robot ini menggunakan sensor cahaya LDR dan sumber cahaya dari lampu LED putih. Potensiometer 1 dan 2 digunakan untuk mengatur sensitivitas LDR. Bentuk robotnya, silakan anda berkreasi sendiri, Untuk membuat robot sederhana yang murah dapat menggunakan motor listrik kecil milik mainan mobilan TAMIYA.

Berikut layout PCB untuk rangkaian di atas

Ok, selamat mencoba dan ditunggu koreksinya.

Posted on Mei 2, 2012, in Elektronika and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 21 Komentar.

  1. Pa Guru Sa mau tanya,,,,, itu gambar apakah???

  2. abang, kakak, mas, om boleh bagi layout rangkaian saklar cahaya yg ga ada gambar komponennya ga? sekaligus penjelasannya? hehe😀

  3. boleh minta layout Radio FM sederhana gak? kalau boleh kirim ke ongisnade.arm11@yahoo.com

  4. Maaf.Ldr di robot line follower bisa diganti photodioda ga?soalnya susah nyari ldrnya

  5. mas boleh minta layout PCB untuk rangkaian FM radio sama keterangan bahan nya tidak ? tolong ya karna mau buat . kalau boleh kirim ke nicofernandes17@yahoo.com

  6. mas tolong minta bahan bahan membuat radio fm ya

  7. pak boleh minta rangkaian ampli LA 4440 yg udah jadi ga pak? tolong kirim ke rumah sy pak.kalau bisa gratis ya.. oce

  8. We .-. kurang ngerti elektro hehe :v cm di suruh tugas copas .-. good luck buat yg punya semoga tambah rame yg liat ni post :v #Merdekaaaa!! :v

  9. mas itu rangkaian robot line follower kayaknya kurang sempurna tolong informasinya
    gitulohmalih@gmail.com

  10. bang rangkain line follower nya kayagnya ada kekeliruan pada pemasangan transistornya
    dan sy blum brani membuat karena saya ndk pernah denger klo line follower pake tr bd139

  1. Ping-balik: Membuat Rangkaian | La Tahzan..!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: