Jalan-jalan di pulau Lombok

Lombok bukan cabe, tetapi lombok artinya lurus

Lombok merupakan pulau kecil yang terletak di antara pulau Bali dan pulau Sumbawa atau tepatnya di koordinat 8.565°S 116.351°E, (mohon koreksi jika salah). Lombok adalah bagian dari kepulauan Sunda Lesser yang dikeliling oleh laut dan selat yang dalam. Selat Lombok memisahkan pulau Lombok dan pulau Bali yang terletak disebelah barat dan selat Alas memisahkan pulau Lombok dan pulau Sumbawa di sebelah timur. Di sebelah utara Lombok berbatasan dengan laut bali dan di bagian selatan berbatasan dengan samudra Hindia.

(peta pulau lombok sumber loneyplanet.com)

lombok memiliki banyak pantai yang indah yang layak untuk dikunjungi. Pantai yang paling terkenal adalah pantai Sengigi, oleh karena sudah terkenal, tidak akan ditampilkan fotonya, hehehehehehee. Namun bila kita menelusui jalan dari Ampenan hingga Ke pelabuhan Bangsal, maka anda akan menjumpai pantai-pantai indah lainnya. beberapa di antaranya :

1. Pantai Batu Layar

bila kita menelusuri jalan dari Ampenan kearah pelabuhan Bangsal, maka pertama-tama kita akan menjumpai satu pantai yang indah yaitu pantai batu layar, pantai ini memiliki tebing yang tinggi di sisi utaranya. dari atas tebing ini kita dapat melihat panorama alam yang indah.

Pantai batu layar di lihat dari sisi tebing

2. Pantai Pure Batu Bolong

Tidak terlalu jauh dari pantai batu layar, kita akan sampai ke Pure Batu Bolong, saat memasuki Pure ini, suasana magis sangat terasa, namun pure ini memiliki pemandangan yang indah. Dekat dengan pure terdapat sebuah pantai.

setelah melewati pure batu bolong, kita akan sampai ke kawasan Senggigi, kawasan ini sangat terkenal dan banyak di kunjungi oleh wisatawan asing atau lokal. (karena sudah terkenal, tidak akan saya foto-foto lagi hehehehehehe)

3. Pantai Malimbu 1

Lanjut…….., setelah melewati kawasan Sengigi, kita akan sampai ke pantai Malimbu 1. dipantai ini terdapat gua batu. pantai ini memiliki pasir yang berwarna hitam, kita dapat mandi, berenang atau bermain kano di pantai ini.

Lupa foto pemandangan, jadi terpaksa foto Narsis dipajang, hehehehehe

Jika ada malimbu 1 tentu saja ada malimbu 2, pantai malimbu 2 terletak setelah pantai malimbu 1. pantai malimbu 2 memiliki pasir pantai yang putih. karena insiden sopir taksi, kita tidak sempat foto-foto di pantai malimbu 2.

4. Pantai Nipah

Melewati pantai Malimbu 2, kita sampai ke pantai Nipah. di sisi utara pantai Nipah terdapat tebing tinggi yang memiliki pemandangan yang indah. banyak bus pariwisata dan wisatawan yang singgah di tebing ini untuk sekedar berfoto-fotoria.

5. Pantai Pandanan

Nah ini dia tujuan terakhir perjalanan kita, pantai pandanan, sebenarnya kita tidak  bertujuan ke pantai ini, karena pantai ini kurang terkenal dan belum terjamah oleh wisatawan. Pantai ini memiliki ombok yang cukup besar dan air yang dalam. Banyak perahu nelayan yang disandarkan di pantai ini.

6. Gili Trawangan

Gili artinya pulau kecil, di lombok terdapat 3 buah pulau kecil yang sangat terkenal yaitu gili trawangan, gili meno dan gili air. Untuk menuju ke gili – gili ini kita dapat menggunakan kapal penyeberangan dari pelabuhan bangsal. gili trawangan merupakan gili terbesar di gugusan pulau ini. di gili trawangan banyak terdapat fasilitas wisata seperti homestay, restaurant, ATM dan banyak sekali penyewaan alat2 untuk aktivitas air.

tebing nipah kita dapat melihat pulau gili trawangan dan gili meno, berikut fotonya

Dari pantai Pandanan juga kita dapat melihat pulau gili trawangan, gili meno dan gili air. bahkan kita dapat menyewa perahu nelayan dari pantai pandanan ini untuk menyeberang ke gili.

kondisi di gili trawangan sudah cukup ramai untuk sisi timur pulau namun masih cukup sepi di sisi barat pulau, 2 foto terakhir menunjukan salah satu pantai di sisi barat pulau. Di sisi barat pulau ini nyaris tidak ada wisatawan yang berenang. Kondisi air di sisi barat pulau gili trawangan sangat jernih dan tenang, hanya saja banyak sampah plastik yang berserakan di tepi pantai.

Ha…… cape juga bercerita tentang pantai di lombok. Masih banyak sekali objek wisata di pulau Lombok yang belum sempat di kunjungi. Mungkin di waktu mendatang kita lanjutkan jalan-jalan di pulau lombok.

berikut sedikit hasil jepretan camera hp di lombok, selamat melihat-lihat

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Posted on Januari 5, 2012, in Wisata and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Just wish to say your article is as surprising.
    The clearness in your post is simply nice and i could assume you’re an expert on
    this subject. Well with your permission allow me to grab your feed to keep up to date with forthcoming post.

    Thanks a million and please continue the gratifying work.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: